Risma Sebut Beras Bansos Dikubur Tak Dilakukan di Masanya Menjabat

Ameidyo Daud Nasution
1 Agustus 2022, 16:58
bansos, risma, mensos, beras
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Menteri Sosial Tri Rismaharini berdiri di depan karya foto yang dipamerkan saat pembukaan Pameran Foto Jurnalistik bertemakan 'Indonesia Melalui Bencana' di Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA), Pasar Baru, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Warga Kota Depok, Jawa Barat dikejutkan dengan penemuan karung beras diduga bantuan sosial dalam penanganan dampak Covid-19. Namun Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bansos yang terkubur tersebut tak dilakukan di era jabatannya.

Hal ini lantaran Presiden Joko Widodo telah memerintahkan bahwa bantuan tak perlu berupa barang.  Adapun beras yang dikubur tersebut diduga berasal dari bantuan presiden pada 2020 lalu.

Advertisement

"Bapak Presiden telah menyampaikan 'Bu Risma, jangan bantuan berupa barang," kata Risma di Jakarta, Senin (1/8) dikutip dari Antara.

Sedangkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Kementerian Sosial menginvestigasi internal mereka terkait temuan tersebut. Hal ini demi tak menimbulkan spekulasi di tengah masyarakat.

Selain itu Kemensos perlu melakukan investigasi forensik atas barang yang ditimbun. Hal ini untuk mengetahui beras tersebut milik instansi mana dan siapa yang perlu bertanggung jawab dalam pendisytibusiannya.

"Adanya timbunan bantuan sosial dalam jumlah sangat besar itu sangat mencurigakan," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily. Ace juga mendesak kepolisian menelusuri pelaku dan mengungkapkan motif penimbunan beras tersebut. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement