IDI Beri Rekomendasi Demi Cegah Penularan Cacar Monyet, Ini Daftarnya

Rizky Alika
2 Agustus 2022, 16:58
cacar monyet, monkeypox, idi
ANTARA FOTO/REUTERS/Brian W.J. Mahy/CDC/Handout /RWA/dj
T. IT IS DISTRIBUTED, EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS Telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari Lodja, sebuah kota berlokasi di dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, terlihat selama penyelidikan kesehatan di Republik Demokratik Kongo pada 1997.

Cacar monyet tengah berstatus darurat kesehatan masyarakat di tingkat global. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memberikan rekomendasi kepada pemerintah hingga masyarakat.

Ketua Satuan Tugas Monkeypox IDI dr. Hanny Nilapsari mengatakan rekomendasi kepada pemerintah adalah memperluas dan memperketat pemindaian pada pintu masuk pelabuhan, bandara, dan Pos Lintas Batas Darat Negara (PLBDN).

Advertisement

Pemindaian dilakukan dengan mengawasi pelaku perjalanan melalui pengamatan suhu serta pengamatan tanda dan gejala kesehatan. Pada pelaku perjalanan dengan kondisi demam, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter yang bertugas di pelabuhan, bandara, atau PLBDN.

Kemudian, pemerintah perlu meningkatkan kemampuan laboratorium jejaring dalam diagnostik molekuler spesimen pasien yang dicurigai menderita cacar monyet.

Selain itu, upaya peningkatan edukasi kepada masyarakat perlu dilakukan. Masyarakat perlu memperoleh informasi terkait gejala, epidemi, cara penularan, dan langkah pencegahan cacar monyet.

Selanjutnya, pemerintah diharapkan dapat meningkatkan identifikasi kontak erat pada pasien suspek dan terduga. "Dan memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai situasi monkeypox," ujar dia dalam konferensi pers daring, Selasa (2/8).

Sementara, tenaga kesehatan diminta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap saat menangani pasien yang dicurigai cacar monyet. Mereka perlu membersihkan benda dan permukaan yang disentuh pasien.

Tenaga kesehatan juga diminta segera melapor pada Dinas Kesehatan setempat apabila terdapat kasus atau probable cacar monyet.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement