Cacar Monyet Sudah Masuk Singapura, IDI Minta Waspadai Gejalanya

Rizky Alika
27 Juli 2022, 16:26
cacar monyet
ANTARA FOTO/REUTERS/Brian W.J. Mahy/CDC/Handout /RWA/dj
Telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari Lodja, sebuah kota berlokasi di dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, terlihat selama penyelidikan kesehatan di Republik Demokratik Kongo pada 1997.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO baru saja menetapkan status darurat untuk kasus cacar monyet yang telah menyebar di 75 negara. Meski belum terdeteksi di Indonesia, cacar monyet perlu iwaspadai karena sudah ditemukan di negara tetangga, Singapura.

Ketua Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Menular Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Agus Dwi Susanto pun meminta tenaga kesehatan untuk mewaspadai gejala cacar monyet. "Kewaspadaan dini terhadap Kejadian Luar Biasa atau outbreak menjadi modal utama dalam aspek pencegahan," kata Agus, seperti dikutip dari keterangan pers, Rabu (27/7).

Menurutnya, kunci pencegahan yang paling efektif ialah menghindari kontak dengan pasien yang diduga terinfeksi cacar monyet. Selain itu, pencegahan diiringi dengan upaya surveilans dan deteksi dini kasus aktif guna melakukan karantina.

Ia juga meminta tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat yang menemukan gejala cacar monyet untuk melakukan tindak lanjut dengan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Tes itu dilakukan melalui metode pemeriksaan virus cacar monyet dengan mendeteksi DNA virus.

Kemudian, tenaga kesehatan perlu segera melaporkan ke Dinas Kesehatan setempat agar segera dilakukan surveilans dan tindakan lebih lanjut lainnya.

Sementara, Pengurus pusat Perhimpunan Kedokteran Tropis dan Penyakit Infeksi Indonesia Adityo Susilo mengatakan belum ada pengobatan spesifik untuk infeksi cacar monyet. Namun, vaksinasi cacar yang disebabkan oleh virus Variola dapat memberikan efektivitas proteksi sebesar 85 persen untuk mencegah infeksi cacar monyet.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...