Kemenkes Pantau Satu Suspek Cacar Monyet, Bukan dari Luar Negeri

Rizky Alika
3 Agustus 2022, 16:30
cacar monyet, kemenkes, kesehatan
ANTARA FOTO/REUTERS/CDC/Handout /RWA/dj
T. IT IS DISTRIBUTED, EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS Bagian jaringan kulit yang diambil dari luka pada kulit kera yang telah terinfeksi virus cacar monyet, dilihat dengan pembesaran 50X di hari keempat perkembangan ruam pada 1968.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah memantau satu kasus suspek cacar monyet. Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, kasus tersebut bukan berasal dari luar negeri.

"Seorang laki-laki, 55 tahun, bukan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN," kata Syahril kepada Katadata.co.id, Rabu (3/8).

Advertisement

Pasien terduga itu sedang menjalankan isolasi di sebuah rumah sakit swasta untuk perawatan. Pasien akan menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memastikan apakah terinfeksi cacar monyet.

"Bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain, bukan monkeypox," ujar dia.

Hingga saat ini, belum ada kasus konfirmasi cacar monyet di Tanah Air. Meski begitu, para tenaga kesehatan terus mewaspadai potensi masuknya cacar air di Indonesia.

Apalagi, kasus cacar monyet sudah ditemukan di negara tetangga, Singapura. Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan status darurat kasus cacar monyet.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement