Temui Ayah Brigadir J, Mahfud: Kasus Ini Bukan Kriminal Biasa

Ameidyo Daud Nasution
3 Agustus 2022, 17:38
brigadir j, mahfud, polisi
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan kepada media usai menerima audiensi dari ayah mendiang Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Samuel HutabaratÊdan Persatuan Marga Hutabarat di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J masih dalam pengusutan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan kematian anggota polisi tersebut bukan kasus kriminal pada umumnya.

Pernyataan ini disampaikan Mahfud usai bertemu dengan ayah Brigadir J siang ini di Kemenko Polhukam. Dia mengatakan kasus kematian Brigadir J memiliki dua aspek psikologis sehingga tidak semudah penanganan kasus lainnya.

"Maaf, ini tidak sama dengan kriminal biasa. Harus bersabar," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (3/8) dikutip dari Antara. "Ada psiko hirarki, ada juga psiko politisnya, macam-macam," katanya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ia memastikan tak akan ikut campur dalam proses penyidikan yang saat ini berlangsung di kepolisian. "Mengawal pelaksanaannya dari sudut pelaksanaan kebijakan negara," katanya.

Dia pun mengapresiasi langkah Polri, dimana kasus tersebut sudah mengalami kemajuan. Bahkan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo merespon ketidakpuasan publik terhadap kasus tersebut.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengapresiasi langkah Polri yang disebutnya responsif terhadap kegelisahan publik. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah mencopot Inspektur Jenderal Pol. Ferdy Sambo dan dua petinggi polisi lainnya terkait kasus ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...