Situasi Memanas, Cina Luncurkan Rudal Balistik ke Selat Taiwan

Ameidyo Daud Nasution
4 Agustus 2022, 17:42
taiwan, cina, amerika serikat
ANTARA FOTOAnn Wang /foc
A view shows naval vessels on water as part of Taiwan's main annual "Han Kuang" exercises, as 20 naval vessels including frigates and destroyers fired shells to simulate intercepting and attacking an invading force, off Taiwan's northeastern coast, in Yilan, Taiwan, July 26, 2022.

Militer Cina menembakkan rudal ke perairan timur laut dan barat daya Taiwan pada Kamis (4/8). Aksi ini dilakukan setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Komando Teater Timur militer Cina menyatakan beberapa rudal telah ditembakkan di bagian timur Taiwan. Mereka mengklaim semua rudal mencapai target secara akurat.

Advertisement

"Misi pelatihan tembakan telah berhasil diselesaikan dan kontrol wilayah udara dan laut telah dicabut," demikian bunyi pernyataan militer Cina seperti dikutip dari CNN, Kamis (4/8).

Taiwan melaporkan rudal jarak jauh Cina telah jatuh di dekat Pulau Matsu, Wuqiu, Dongyin yang berada di Selat Taiwan. Adapun militer Cina mengatakan rudal yang diluncurkan adalah seri Dongfeng.

Sedangkan Kementerian Luar Negeri Taiwan menyatakan langkah Beijing ini meniru Korea Utara dengan menembakkan rudal ke perairan. Kemenlu juga meminta semua pihak menahan diri di tengah ketegangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement