Ketua DPR AS Temui Bos Produsen Cip Taiwan, Ini Bahayanya bagi Cina

Tia Dwitiani Komalasari
4 Agustus 2022, 17:03
Seorang pendukung pro-China menginjak foto Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi saat memprotes kunjungannya ke Taiwan di luar Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Hong Kong, China, 3 Agustus 2022.
Reuters
Seorang pendukung pro-China menginjak foto Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi saat memprotes kunjungannya ke Taiwan di luar Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Hong Kong, China, 3 Agustus 2022.

Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi makan siang dengan dua petinggi Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) saat kunjungannya ke Taiwan, Rabu (7/4). Pertemuan dengan produsen cip semikonduktor terbesar di dunia tersebut membuat Cina meradang.

Dua petinggi tersebut adalah pendiri TSMC Morris Chang dan Chairman TSMC Mark Liu. Pertemuan juga dihadiri oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

“Semua orang bertukar pandangan tentang pendalaman kerja sama antara Taiwan dan Amerika Serikat di berbagai bidang. Taiwan dan Amerika Serikat tidak hanya berbagi nilai-nilai demokrasi, kebebasan dan hak asasi manusia, kami juga terus bekerja sama dalam pembangunan ekonomi dan kerja sama rantai pasokan yang demokratis," kata Tsai dikutip dari Washington Post, Kamis (8/4).

Diskusi itu terjadi hanya beberapa hari setelah Pemerintah dan Kongres AS menyepakati Chips and Science Act. Dimana salah satu kebijakannya adalah memberikan insentif dan subsidi sebesar US$52 miliar kepada produsen cip untuk membangun pabrik di Amerika Serikat.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company diharapkan dapat menerima sebagian dari subsidi tersebut untuk membantu mendanai pabrik yang sedang mereka bangun di Arizona, AS.

Apa itu TSMC?

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company adalah produsen cip semikonduktor terbesar di dunia. Perusahaan tersebut merupakan pemasok penting ke Amerika Serikat dan negara-negara barat lainnya. Amerika Serikat menggunakan cip buatan TSMC di jet tempur F-35, rudal Javelin, dan peralatan militer lainnya.

Mengutip data TrendForce, TSMC menguasai 54% pangsa pasar semikonduktor dunia pada 2020. Sementara di peringkat kedua adalah raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung, dengan pangsa pasar 17%.

Selain TSMC, tedapat tiga perusahaan cip semikonduktor Taiwan lainnnya yang menempati 10 besar yaitu United Microelectronics Corporation (UMC), Vanguard International Semiconductor (VIS), dan Powerchip Semiconductor Manufacturing Corp (PSMC). Hal ini menjadikan Taiwan menyumbang 64% produksi cip semikonduktor dunia.

Laporan Boston Consulting bahkan mengatakan bahwa Taiwan menyumbang 92% dari produksi cip semikonduktor paling canggih di dunia.

Cina Ketergantungan Semikonduktor Taiwan

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...