Lelang Proyek Kawasan Inti IKN Nusantara Rampung Bulan Ini

Andi M. Arief
10 Agustus 2022, 09:00
IKN, ibu kota, pupr
Sekretariat Presiden/Youtube
Ilustrasi ibu kota baru

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan semua proyek infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara atau KIPP IKN Nusantara selesai dilelang dalam waktu dekat. Saat ini, proyek yang akan segera dilakukan adalah pengembangan lahan untuk memetakan lokasi infrastruktur di KIPP IKN.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini proyek infrastruktur yang sedang dilelang adalah jalan dan jembatan. Sementara itu, lelang infrastruktur gedung, permukiman, dan air minum sedang dalam tahap persiapan.

"Yang sudah selesai lelang adalah proyek pengembangan lahan. Akhir Agustus ini sudah kontrak semua proyek infrastruktur di KIPP IKN Nusantara," kata Basuki di Terminal Kijing, Selasa (9/8).

Infrastruktur inti atau KIPP terdiri dari Istana Presiden, Kantor Wakil Presiden, Gedung DPR, hingga sistem drainase. Sumber dana yang akan dipakai berasal dari APBN. Alasannya, seluruh aset pemerintahan di kawasan KIPP harus menjadi milik negara.

Kementerian PUPR mendata kebutuhan dana konstruksi KIPP IKN Nusantara adalah Rp 43,73 triliun. Sementara itu, alokasi konstruksi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN pada 2022 adalah Rp 5,07 triliun.

Basuki memprediksi serapan anggaran IKN Nusantara pada tahun ini maksimal hanya mencapai 86% atau Rp 4,3 triliun. Anggaran terbesar proyek pembangunan kawasan KIPP IKN tahun ini untuk infrastruktur permukiman senilai Rp 2,36 triliun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...