Jokowi Bertemu Presiden Korsel, Sepakati Kerja Sama Pengembangan IKN

Rizky Alika
28 Juli 2022, 20:24
Jokowi, korsel, ikn, korea selatan
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menemui Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis sore (28/7).

Presiden Joko Widodo menemui Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis sore (28/7). Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara menyepakati sejumlah kerja sama, di antaranya terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dan investasi hijau.

"Kami  telah memulai kerja sama dalam pengembangan ibu kota baru," kata Jokowi dalam konferensi pers daring, Kamis (28/7).

Kerja sama pengembangan IKN dengan Korsel, antara lain mencakup bidang pembangunan sistem penyediaan air minum dan capacity building  pada bidang pembangunan kota pintar. Selain itu, Jokowi juga mendorong kerja sama lain di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik. Ekosistem ini mencakup proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik.

Jokowi optimistis lantaran investasi Korea Selatan di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Peningkatan investasi terjadi di beberapa bidang, termasuk industri baja, petrokimia, baterai kendaraan listrik, industri kabel listrik dan telekomunikasi, garmen, dan energi terbarukan.

Mantan Wali Kota Solo ini memastikan, ruang kerja sama kedua negara terbuka lebar. Untuk itu, ia ingin memperkokoh kerja sama pada bidang ekonomi dalam pertemuan tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...