Rekaman CCTV Terbongkar, Ini Saat Terakhir Brigadir J Sebelum Tewas

Ameidyo Daud Nasution
11 Agustus 2022, 12:18
brigadir j, ferdy sambo, cctv
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Anggota Brimob melakukan penjagaan di kediaman pribadi Irjen Pol Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Polri telah menetapkan Inspektur Jenderal Pol. Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Huatabarat. Sambo bersama tiga orang lain diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Kejadian tersebut terjadi pada Jumat (8/7). Di awal kasus, polisi mengatakan kematian Brigadir J terjadi setelah adanya tembak menembak dengan Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu di rumah dinas Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan pukul 17.00 WIB.
Polisi menyebut alasan penembakan karena Yosua diduga melecehkan istri Sambo, Putri Candrawathi. 

Advertisement

Polisi awalnya mengatakan bahwa saat kejadian, Sambo sedang keluar dari rumah dinas untuk menjalankan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Meski demikian, rekaman kamera pengawas atau CCTV menunjukkan hal yang benar-benar berbeda.

Sambo, Putri, Bharada E, dan Brigadir J berada di rumah pribadi mantan kepala Divisi Provesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) tersebut di Jalan Saguling III. Dari rekaman CCTV yang dirilis oleh televisi CNN Indonesia TV, Sambo dan Putri menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada pukul 17.00 WIB. Sedangkan Yousa dan Eliezer telah keluar dari satu jam sebelumnya.  

Mayoritas rekaman diambil dari perjalanan serta rumah pribadi Sambo, sedangkan rekaman di TKP kematian Brigadir J tak ada. Berikut kronologi kejadian yang dikumpulkan dari rekaman CCTV:

Jumat, 8 Juli 2022 pukul 09.29 WIB
Rekaman CCTV di Kota Magelang, Jawa Tengah menunjukkan rombongan mobil yang ditumpangi Putir Candrawathi melintas ke arah Utara. Rombongan tersebut terdiri dari mobil patroli pengawalan polisi, MPV hitam berpelat B 1 MAH, dan SUV bernomor L 1973 ZX. Brigadir J juga ikut dalam rombongan tersebut.

14.00 WIB
Rombongan terlihat memasuki Rest Area kilometer 86 B Tol Cipali untuk menepi. Brigadir J yang mengenakan kaos berwarna putih dan celana panjang hitam keluar dari mobil SUV untuk menuju toilet. Sekitar 14.06 WIB, rombongan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

15.29 WIB
Irjen Ferdy Sambo memasuki rumah pribadinya, Jalan Saguling III, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

IRJEN SAMBO JALANI PEMERIKSAAN DI BARESKRIM POLRI
IRJEN SAMBO JALANI PEMERIKSAAN DI BARESKRIM POLRI (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.)

15.32 WIB
Rombongan yang ditumpangi Putri Candrawathi dan Brigadir J terlihat melintas di depan Madrasah Sa'adatuddaarain Mampang atau di bawah JPO Mampang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement