Hasil Autopsi Ulang: Brigadir J Terkena Dua Tembakan Fatal

Ameidyo Daud Nasution
22 Agustus 2022, 16:36
brigadir j, autopsi, ferdy sambo
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Peserta aksi dari Tim Advokat Penegakan Hukum dan Keadilan (TAMPAK) memegang poster saat aksi seribu lilin dan doa bersama untuk Alm Brigadir Yosua Hutabarat di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (22/7/2022). Foto: Antara.

Tim dokter telah menyelesaikan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Dari hasil pemeriksaan ulang, seluruh luka yang diterima Yosua merupakan hasil penembakan.

Dokter juga sekaligus menepis kemungkinan adanya penganiayaan terhadap Yosua. "Dari hasil pencahayaan hingga pemeriksaan mikroskopik, tidak ada luka-luka pada tubuh selain kekerasan senjata api," kata Ketua Tim Dokter Forensik Gabungan, dr Ade Firmansyah Sugiharto dalam konferensi pers di Bareskrim, Jakarta, Senin (22/8) seperti disiarkan dalam Kompas TV.

Dari hasil pemeriksaan, tim menemukan ada lima luka masuk dan empat luka tembak luar. Ade lalu mengatakan ada dua luka yang tergolong fatal dalam kematian Yosua.

"Dua yang fatal ini berada di dada dan kepala," kata Ade.

Ade juga menemukan luka luar di tubuh Yosua karena lintasan anak peluru. Hal ini menjelaskan mengapa ada luka seperti sayatan di tubuh ajudan Inspektur Jenderal Pol. Ferdy Sambo tersebut.

"Jadi peluru masuk tubuh dan keluar lagi serta mengenai organ tubuh lainnya," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...