Polri Buka Peluang Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Image title
19 Juli 2022, 22:13
brigadir j, polisi, ferdy sambo
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022) malam.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuka opsi ekshumasi atau penggalian kuburan Brigadir Pol. Yosua Hutabarat alias Brigadir J dalam rangka autopsi ulang. Akan tetapi, kegiatan tersebut harus dilakukan oleh pihak yang berwenang, yaitu penyidik.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa ekshumasi juga mesti melibatkan pihak ahli yang dalam hal ini adalah dokter forensik.

“Kedokteran Forensik Polri tidak boleh sendiri. Kami juga merekrut pihak luar agar hasilnya itu sahih dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya di Mabes Polri pada Selasa (19/7).

Pihak keluarga Brigadir J pun dipersilakan untuk mengajukan ekshumasi kepada kepolisian. Pengajuan dapat diwakili oleh tim kuasa hukum pihak keluarga kepada tim penyidik.

“Demi keadilan itu yang lakukan adalah pihak yang berwenang. Siapa yang berwenang? Penyidik,” kata Dedi.

Selain dari Polri, pihak keluarga Brigadir J juga diperbolehkan untuk mengajukan dokter forensik sendiri. Keluarga dapat mengajukan ahli medis dari universitas yang memiliki kredibilitas baik.

Apabila telah ditemukan bukti-bukti baru dari ekshumasi, maka kedokteran forensik Polri akan menyampaikannya kepada pihak keluarga tentang hasil autopsi ulang yang dilakukan.

Dedi juga menyayangkan kabar terkait kondisi tubuh Brigadir J yang mengalami banyak luka. Informasi tersebut disampaikan oleh pengacara pihak keluarga, Kamaruddin Simanjuntak. Menurut Dedi, informasi kondisi tubuh jenazah seharusnya dilakukan oleh ahli di dalam bidangnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...