Cacar Monyet Masuk RI, Jokowi Perintahkan Menkes Siapkan Vaksinasi

Rizky Alika
23 Agustus 2022, 12:08
cacar monyet, jokowi, vaksin
Youtube/DPR RI
Presiden Joko Widodo saat membacakan pidato nota keuangan RAPBN 2023 di Gedung DPR, Kamis (16/8).

Pemerintah telah mendeteksi kasus pertama cacar monyet di Tanah Air. Presiden Joko Widodo pun meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk segera mengurus vaksin cacar monyet.

"Sudah saya perintahkan kepada Menkes. Yang pertama, urusan vaksin segera," kata Jokowi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (23/8).

Selain itu, ia meminta Budi untuk mengawasi tempat dengan interaksi yang tinggi. Pintu kedatangan internasional pun harus diperiksa secara ketat demi mencegah penularan.

Meski begitu, Kepala Negara mengingatkan masyarakat tidak perlu terlalu panik karena penularan terjadi melalui kontak langsung. Ia pun menekankan pentingnya kesiapan masyarakat untuk mengatasi cacar monyet.

Adapun, sejumlah negara akan vaksinasi cacar monyet dengan dosis yang lebih sedikit, seperti Inggris dan Spanyol. Ini dilakukan lantaran stok vaksin terbatas.

Pada pekan lalu, Badan Obat Eropa juga telah mengizinkan penghematan dosis vaksin cacar monyet.

Kementerian Kesehatan Spanyol menyebutkan, setiap dosis vaksin akan dibagi menjadi lima dosis. Adapun, vaksin yang digunakan ialah Imvanex Bavarian Nordic sebagai satu-satunya vaksin cacar monyet yang tersedia saat ini.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...