Jokowi Dikabarkan Akan Reshuffle Lagi, Ini Nama-nama yang Beredar

Ameidyo Daud Nasution
26 Agustus 2022, 16:22
jokowi, reshuffle, kabinet, pdip
ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/hp.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) selaku inspektur upacara memberikan hormat kepada bendera Merah Putih dalam Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Wacana kocok ulang kabinet kembali mengemuka seiring rencana Presiden Joko Widodo mengisi posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dan Wakil Menteri Luar Negeri.

Rencana pengisian dua posisi tersebut awalnya disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, pada Sabtu (20/8) lalu, seusai menghadiri Haul Ke-23 Ulama Indonesia Almarhum Habib Umar bin Hood Alatas di Depok, Jawa Barat.

Dua jabatan tersebut kosong usai ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang wafat dan Mahendra Siregar yang menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Meski demikian, sejumlah nama telah masuk bursa calon Menpan RB. Salah satunya adalah Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan anggota DPR Junimart Girsang.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sendiri belum secara gamblang membuka calon nama pengganti Tjahjo. Namun Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengakui bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengajukan lebih dari satu nama kepada Jokowi.

Hasto mengatakan bahwa Jokowi dan Mega telah bertemu pada Kamis (18/8) lalu untuk membicarakan nama tersebut. "Bapak Presiden yang akan menetapkan dan menentukan kapan momentumnya," kata Hasto pada Rabu (23/8) dikutip dari Antara.

Hasto mengatakan terlalu banyak reshuffle tak menimbulkan suasana kondusif. Meski demikian, ia juga memahami kocok ulang diperlukan jika ada menteri yang berkinerja kurang baik terutama dalam situasi sulit saat ini. 

"Terjadi kenaikan yang berdampak bagi rakyat miskin, bagi yang berpenghasilan tetap seperti pensiunan. Seluruh jajaran menteri harus punya sense of crisis,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Rizky Alika, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...