Wacana Harga BBM Naik, Menhub Pastikan Harga Avtur Tetap

Rizky Alika
29 Agustus 2022, 15:48
harga avtur, bbm, menhub
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Pesawat maskapai Batik Air terparkir di apron Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/8/2022).

Pemerintah memberikan sinyal akan mengerek harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Meski harga BBM akan naik, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan harga avtur tidak berubah.

Dengan demikian, tarif tiket pesawat murah masih dapat diterapkan. "Satu sisi BBM naik, (harga) avtur akan tetap," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8).

Ia telah mengimbau pihak maskapai untuk melakukan efisiensi, inovasi, dan promosi. Menyusul imbauan tersebut, sejumlah maskapai pun telah menerapkan tarif murah pada waktu tertentu.

Selain itu, Budi juga meminta pemerintah daerah untuk memberikan subsidi kepada maskapai. Subsidi tersebut berupa garansi okupansi pesawat bisa di atas 60 persen.

Namun, pemda tidak memberikan subsidi bagi pesawat yang telah mencapai okupansi lebih dari 60 persen. Budi mengatakan, maskapai akan merugi apabila tingkat keterisian pesawat tidak mencapai 60 persen. "Apalagi yang baling-baling," ujar dia.

Adapun, subsidi dari pemerintah daerah akan dihentikan apabila okupansi sudah stabil mencapai 70 persen.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengatakan tiket pesawat maskapai penerbangan BUMN, Garuda Indonesia, tidak ada kenaikan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...