Jokowi Resmikan 5G Mining Freeport, Aktivitas Tambang Dimonitor Kamera

Rizky Alika
1 September 2022, 13:26
5g, freeport, jokowi
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan 5G di tambang PT Freeport Indonesia, Mimika, Papua, Kamis (1/9). Foto: Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo meluncurkan teknologi 5G mining di PT Freeport Indonesia (PTFI), Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Jokowi mengatakan, teknologi tersebut bisa memantau aktivitas di bawah tanah dengan kamera.

Adapun, teknologi 5G mining merupakan kolaborasi antara PTFI dan PT Telkomsel. Teknologi pertambangan ini juga disebut-sebut sebagai yang pertama di Asia Tenggara. 

"Ini betul-betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan," kata Jokowi di Tembagapura, Kamis (1/4).

Menurutnya, teknologi 5G mining dapat mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan kerja. Selain itu, teknologi tersebut dapat meningkatkan produktivitas serta mendukung kendali jarak jauh.

Kepala Negara mengatakan, sektor pertambangan tidak boleh tertinggal dalam memanfaatkan digitalisasi. Sektor tersebut harus mengimplementasi teknologi kecerdasan buatan, Internet of Things, pembelajaran mesin, hingga big data dalam operasionalnya.

"Kita membutuhkan intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan,"ujar dia.

Apalagi, PTFI berada di daerah terpencil dan sulit terjangkau. Dengan kondisi itu, ada tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah.

Dengan teknologi 5G, ia yakin Freeport Indonesia akan diperhitungkan di tingkat global. Tak hanya itu, PTFI dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di dunia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...