Kasus Covid-19 Melandai, Cina Longgarkan Lockdown di Shenzhen

Rizky Alika
6 September 2022, 11:57
cina, lockdown, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmeth
Seorang bayi duduk di kereta bayi di depan replika miniatur menara Eiffel di taman bermain "Window of the World" di Shenzhen, provinsi Guangdong, China, Minggu (8/9/2019). Foto diambil tanggal 8 September 2019.

Kasus virus corona di kota Shenzhen, Cina mulai stabil. Untuk itu, pemerintah kota tersebut mulai melonggarkan lockdown pada Senin (5/9).

Mengutip dari Reuters pada (6/9), Shenzhen melaporkan 71 kasus baru Covid-19 pada Minggu (4/9), turun dari sehari sebelumnya sebanyak 89 kasus. Secara kumulatif, kasus Covid-19 sejak akhir Agustus sekitar 500, lebih sedikit dari gelombang penularan terakhir pada pertengahan Maret.

 Oleh karena itu, pelonggaran pembatasan dilakukan pada restoran dengan kapasitas sebesar 50%. Selain itu, sejumlah taman kota mulai dibuka dengan jumlah pengunjung setengah dari kapasitas. Kemudian, stasiun kereta bawah tanah mulai kembali beroperasi.

Sementara, tempat-tempat hiburan ditutup dan acara besar masih ditangguhkan pada sebagian besar kota. Sebagian besar masyarakat dilarang mengunjungi kompleks perumahan, kecuali mereka masuk dalam daftar orang yang diizinkan masuk.

Adapun, pelonggaran diputuskan untuk mengurangi dampak lockdown sambil mematuhi kebijakan nol Covid-19. Apalagi, pemerintah menemukan lebih sedikit kasus Covid-19 di antara mereka yang tidak dikarantina dalam beberapa hari terakhir.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...