Jokowi Resmi Lantik Azwar Anas Jadi Menpan RB

Rizky Alika
7 September 2022, 13:52
Menpan-RB Abdullah Azwar Anas dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (7/9) di Istana Negara, Jakarta.. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden).
Youtube Sekretariat Presiden
Menpan-RB Abdullah Azwar Anas dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (7/9) di Istana Negara, Jakarta.. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Menpan RB) pada Rabu (7/9) di Istana  Kepresidenan Jakarta. Ia menggantikan posisi Tjaho Kumolo yang sudah wafat pada 1 Juli 2022.

Ia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 91 P Tahun 2022 tentang pengangkatan Menpan RB Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Keputusan itu ditetapkan pada 7 September 2022.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Jokowi.  "Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Azwar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9).

Upacara dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Adapun, upacara pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para peserta menggunakan masker, menerapkan jaga jarak, serta dihadiri oleh tamu terbatas.

Azwar menggantukan Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu. Sama seperti Tjahjo, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan. 

Ia sebelumnya adalah Bupati Banyuwangi periode 2010-2015, berpasangan dengan Yusuf Widyatmoko sebagai wakilnya. Pada 2016, ia kembali didapuk menjadi Bupati Banyuwangi bersama dengan Yusuf Widyatmoko sebagai wakil. Ia menjadi orang nomor satu di Banyuwangi hingga Februari 2021.

Selanjutnya pada 13 Januari 2022, ia terpilih untuk menduduki kursi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sebelumnya, Azwar sempat dikabarkan berpotensi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia sudah disiapkan oleh PDIP untuk menggantikan posisi Anies Baswedan.

Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...