Jokowi Panggil Kepala BSSN ke Istana, Bahas Hacker Bjorka?

Rizky Alika
12 September 2022, 15:14
jokowi, bssn, bjorka
Biro Pers Sekretariat Presiden / Laily Rachev
Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri Sosial Tri Risma Harini, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) Tahap 1, di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/08/2022).

Peretas (hacker) Bjorka mengklaim telah mencuri data Presiden Joko Widodo. Di tengah-tengah masalah tersebut, Jokowi memanggil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Hinsa Siburian ke Istana Kepresidenan Jakarta. 

“(Agenda) rapat,” kata Hinsa di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/9).

Advertisement

Meski begitu, ia mengaku tak mengetahui pembahasan pertemuan tersebut. “Belum tahu,” kata Hinsa. 

Sebelumnya, peretas dengan identitas Bjorka melalui grup Telegram mengklaim telah meretas surat menyurat milik Jokowi. Itu termasuk surat dari Badan Intelijen Negara dengan label rahasia.

Namun, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menegaskan tidak ada surat dan dokumen untuk Presiden Jokowi yang bocor di internet. "Nanti Sekretariat Negara menyampaikan. Tidak ada isi surat-surat yang bocor," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (10/9).

Heru mengatakan, informasi yang menyebutkan surat berlabel rahasia dari BIN dan surat lainnya untuk Presiden Jokowi yang bocor di forum peretas (hacker) adalah informasi bohong. Hal tersebut disebutnya melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Peretas dengan identitas Bjorka juga sebelumnya kerap mengklaim telah meretas data-data terkait kependudukan Indonesia, seperti data registrasi "SIM Card Prabayar" dan data milik salah satu provider telekomunikasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement