Pernyataan Soal Gerombolan Diprotes TNI, Effendi Simbolon Minta Maaf

Ade Rosman
14 September 2022, 14:09
tni, dpr, effendi simbolon
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon (kiri) bersama Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Bedowi (kanan) dan Pengamat Hukum Tata Negara Margarito Kamis (tengah) menjadi pembicara pada diskusi dialektika di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Pernyataan Effendi Simbolon yang menyebut Tentara Nasional Indonesia (TNI) seperti gerombolan berbuntut panjang. Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PDIP itu memohon maaf atas ucapannya tersebut.

"Sekali lagi saya mohon maaf, saya tujukan ini pada seluruh prajurit baik yang bertugas maupun yang sudah purna (purnawirawan)," katanya dalam konferensi pers di Kompleks parlemen, Rabu (14/9).

Advertisement

Effendi juga telah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menyampaikan permohonan maaf. Meski demikian, permintaan serupa kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurrachman belum direspons.

"Saya bertanggung jawab terhadap apa yang saya sampaikan," kata Effendi.

Effendi mengatakan dirinya tak bermaksud menyebut TNI sebagai gerombolan. Meski demikian, ia hanya menyoroti kemungkinan adanya disharmoni di dalam militer.

Awalnya, Effendi ingin menanyakan perihal isu-isu aktual kepada Panglima TNI serta KSAD dalam Rapat Dengar pendapat (RDP) tanggal 5 September lalu. Namun pada kesempatan tersebut, KSAD Dudung tidak hadir dalam rapat.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement