Jokowi Ogah Ikuti Joe Biden Umumkan Pandemi Covid-19 Berakhir

Rizky Alika
20 September 2022, 14:34
jokowi, joe biden, covid-19
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kanan) berjalan usai meresmikan Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Antarnegara di Gedung Thamrin, Bank Indonesia, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pandemi telah berakhir di negaranya. Sementara, Presiden Joko Widodo mengatakan tidak ingin terburu-buru mengikuti jejak Biden.

Jokowi mengingatkan, penularan corona masih terjadi di seluruh dunia. Sedangkan, penetapan akhir status pandemi dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Tidak usah harus segera menyatakan bahwa pandemi itu sudah selesai," kata Jokowi di Gerbang Tol Gabus, Bekasi, Selasa (20/9).

Menurutnya, Indonesia tetap mewaspadai dan berhati-hati terhadap Covid-19. Sebab, ada beberapa negara yang mulai mengalami kenaikan kasus virus corona.

"Kehati-hatian sangat kita perlukan," ujar Mantan Wali Kota Solo itu.

Mengutip dari Reuters, Biden mengatakan Covid-19 telah usai. Pernyataan tersebut diucapkan meski AS masih bergulat dengan Covid-19 yang membunuh ratusan orang Amerika setiap hari.

"Pandemi sudah berakhir," kata Biden saat wawancara yang dilakukan dengan program "60 Minutes" CBS pada Rabu (14/9).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...