Takut Wajib Militer ke Ukraina, Warga Rusia Kabur Keluar Negeri

Ameidyo Daud Nasution
23 September 2022, 11:29
rusia, putin, ukraina
ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Shemetov/aww/cf
Maxim Shemetov Anggota tentara Rusia berbaris berjalan saat gladiresik untuk parade militer memperingati kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia ke-2 di Red Square di pusat Moskow, Rusia, Sabtu (7/5/2022).

Warga Rusia mencoba melarikan diri dari negara tersebut untuk menghindari dipanggil perang di Ukraina. Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan akan memobilisasi 300 ribu orang untuk perang di negara tetangganya itu.

Di perbatasan Rusia dengan Georgia, antrean kendaraan sepanjang beberapa mil mulai terlihat. Seorang warga pria yang tak ingin disebut namanya, mengatakan dirinya kabur lantaran merasa berpotensi dipanggil untuk berperang.

"Saya rela untuk mematahkan tangan dan kaki saya untuk menghindari pemanggilan," katanya pada Kamis (22/9) dikutip dari BBC.

Beberapa saksi memperkirakan antrean mobil di pos pemeriksaan Upper Lars, perbatasan Rusia dengan Georgia, mencapai 5 kilometer. Georgia merupakan salah satu tetangga Rusia yang dapat diakses warga Negeri Beruang Merah tanpa visa.

Harga tiket pesawat dari Rusia menuju Istanbul, Belgrade, hingga Dubai juga melonjak usai pengumuman Putin. Beberapa media Turki juga melaporkan adanya peningkatan pemesanan tiket sekali jalan dari Rusia.

Kremlin sebelumnya mengatakan hanya orang yang telah berdinas militer dipanggil dalam mobilisasi. Meski demikian, sejumlah warga yang tak berpengalaman ternyata ikut didaftarkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...