Dipecat Oleh Jokowi, Berapa Uang Santunan yang Diterima Ferdy Sambo?

Jokowi telah menerbitkan Keppres pemecatan Sambo. Mantan Kadiv Propam itu resmi kembali menyandang status sebagai warga sipil.
Ameidyo Daud Nasution
30 September 2022, 16:35
Tersangka Irjen Ferdy Sambo keluar dari rumah dinasnya yang menjadi TKP pembunuhan Brigadir J di Jalan Duren Tiga Barat, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8/2022). Kepolisian melakukan rekonstruksi dugaan pembunuhan Brigadir Yosua di rumah pr
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Tersangka Irjen Ferdy Sambo keluar dari rumah dinasnya yang menjadi TKP pembunuhan Brigadir J di Jalan Duren Tiga Barat, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8/2022). Kepolisian melakukan rekonstruksi dugaan pembunuhan Brigadir Yosua di rumah pribadi dan rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Presiden Joko Widodo telah resmi memecat secara tidak hormat mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal Ferdy Sambo.

Keputusan Presiden itu juga telah dikirim ke Asisten SDM Polri Irjen Wahyu Widada dan disampaikan ke publik oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers hari ini.

"Sudah ditandatangani dan sudah dikirim ke ASDM Polri," kata Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan saat dihubungi, Jumat (30/9).

Ini berarti Sambo resmi kembali menyandang status sebagai warga sipil. Ia dipecat usai menjalani sidang etik kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Advertisement

Dalam kasus pembunuhan Brigadir J,  Sambo dijerat pasal 340 KUHP subsider pasal 338 juncto pasal 55 juncto pasal 56 KUHP yaitu pasal pembunuhan berencana. Adapun pada Rabu (28/9), Kejaksaan Agung mengumumkan berkas perkara telah P21 atau dinyatakan lengkap. J

Dengan status pecatan secara tidak hormat, berapa tunjangan bulanan yang diterima Sambo?

Hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara RI Nomor 1 Tahun 2019. Dalam Pasal 51 aturan tersebut, personel dengan status Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) hanya berhak mendapatkan santunan Asabri dan pengembalian iuran dana pensiun.

Adapun besar nilai santunan Asabri memiliki formula FII x P. Dari laman Asabri, FII adalah akumulasi nilai akhir iuran peserta selama masa iuran yang dinyatakan sebagai indeks penghasilan terakhir atau P peserta.

Iuran dimaksud adalah iuran Tabungan hari tua sebesar 3,25% dari penghasilan peserta tiap bulan. Sedangkan P memiliki komponen gaji pokok ditambah tunjangan istri dan anak sebulan pada saat berhenti.

Sebagai perbandingan, personel kepolisian yang berstatus Pemberhentian Dengan Hormat (PDH) masih mendapatkan hak pensiun. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2019, pensiun pokok golongan perwira tinggi Polri sebesar Rp 1.643.500 - Rp 4.448.100.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait