Buka Ekspor Mangga Gresik, Jokowi Telepon Perusahaan Abu Dhabi

Rizky Alika
3 Oktober 2022, 14:38
jokowi, ekspor, mangga
ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Laily Rachev/foc.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan warga saat memberikan bantuan pada pedagang dalam kunjungannya ke Pasar Ngrimase Olilit, Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9/2022).

Presiden Joko Widodo tengah mendorong ekspor produk hortikultura. Ia pun sempat menghubungi perusahaan luar negeri untuk menjadi pasar ekspor mangga Indonesia.

Menurutnya, mangga produksi Kabupaten Gresik, Jawa Timur belum memiliki pangsa pasar. Padahal, mangga Gresik memiliki kualitas yang bagus.

"Pasarnya belum ada. Jadi saat itu saya teleponkan perusahan dari Uni Emirat Arab (UEA)," kata Jokowi di Gedung Smesco, Jakarta, Senin (3/10).

Presiden menghubungi perusahaan multinasional LuLu Group International. LuLu mengoperasikanjaringan hipermarket dan perusahaan ritel yang berkantor pusat di Abu Dhabi, UEA.

LuLu Group merupakan salah satu rantai ritel terbesar di Asia dan terbesar di Timur Tengah dengan 215 gerai di negara Dewan Kerjasama Negara Arab di Teluk. LuLu hipermarket juga memiliki 13 mal di seluruh negara Dewan Kerjasama Teluk.

Jokowi pun meminta LuLu untuk datang dan mengambil produksi mangga di Gresik. Mantan Wali Kota Solo itu meyakini, mangga Gresik memiliki pangsa pasar yang besar.

"Tapi tidak nyambung antara yang produksi dan keinginan pasar," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...