5 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Image title
2 Maret 2022, 15:10
Buah mangga. Manfaat buah mangga untuk ibu hamil antara lain mengandung asam folat untuk perkembangan janin, menjaga pencernaan, dan menyeimbangkan cairan tubuh. Waspada efek samping konsumsi mangga berlebihan.
Unsplash/HOTCHICKSING
Buah mangga

Mangga adalah buah tropis yang manis dengan warna oranye kekuningan yang cerah. Buah mangga dapat dikonsumsi selama kehamilan. Ada banyak manfaat buah mangga untuk ibu hamil.

Mangga kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium dan asam folat. Nutrisi ini penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Namun, karena kandungan gula yang tinggi dalam mangga, ibu hamil mungkin disarankan untuk menghindari mangga jika ia menderita diabetes gestasional.

Kandungan Gizi Buah Mangga

Bersumber dari data Departemen Pertanian Amerika Serikat, berikut kandungan gizi mangga per 165 gram.

  • Kalori: 99.
  • Lemak: 0.6 g.
  • Natrium: 2 mg.
  • Karbohidrat: 25 g.
  • Serat: 2.6 g.
  • Gula: 23 g.
  • Protein: 1.4 g.
  • Vitamin C: 60 mg.
  • Vitamin E: 1.5 mg.
  • Folat: 71 mcg.

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Berbagai manfaat buah mangga untuk ibu hamil dapat disimak melalui pembahasan berikut.

1. Mengandung asam folat untuk perkembangan janin

Asam folat dalam buah mangga bermanfaat untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Asam folat membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin.

Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan semua wanita usia reproduksi untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari sebagai upaya mencegah beberapa cacat lahir utama pada otak bayi (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida).

Dari data Departemen Pertanian Amerika Serikat, terdapat 71 mikrogram asam folat dalam 165 gram buah mangga. Jumlah tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian. Jika ibu hamil kekurangan asam folat sebelum dan selama kehamilan, bayi akan berisiko lebih tinggi mengalami cacat tabung saraf.

Bayi yang kekurangan asam folat juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kekurangan berat badan, kerusakan sistem saraf, kerusakan otak, dan cacat jantung.

2. Mengandung vitamin C

Per 165 gram buah jeruk terdapat 60 mg vitamin C. Jumlah ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk ibu hamil. Menurut publikasi dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews, vitamin C dapat membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Vitamin C mampu mengurangi risiko preeklamsia, hambatan pertumbuhan intrauterin dan anemia selama kehamilan. Vitamin C juga dibutuhkan ibu hamil untuk perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.

Asupan vitamin C yang cukup bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang dan gigi bayi, membantu produksi kolagen tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan kemampuan menyerap zat besi.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah mangga merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil. Dikutip dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, membantu pencernaan dan mencegah sembelit pada ibu hamil selama trimester pertama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...