Jokowi Ungkap Isi Pertemuan dengan Megawati di Batutulis: Bahas 2024

Andi M. Arief
10 Oktober 2022, 14:01
jokowi, megawati, pdip
Antara
Presiden Joko Widodo saat bertemu Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor, Sabtu (8/10). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor pada Sabtu (8/10). Kepala Negara mengatakan pertemuan tersebut membahas beberapa hal mulai dari ekonomi hingga politik jelang 2024.

Jokowi menilai stabilitas politik dan keamanan domestik saat ini menjadi penting. Pasalnya, kedua hal tersebut memiliki korelasi langsung dengan stabilitas ekonomi.

"Jangan sampai menjelang Pemilu 2024 ada persoalan besar dalam ekonomi global dan ekonomi kita ikut terganggu. Itu yang kita tak kehendaki, sehingga saya intens berbicara dengan ketua partai politik," kata Jokowi di Istana Merdeka, Senin (10/10).

Jokowi mengatakan situasi ekonomi global saat ini tidak pasti dan sulit diprediksi. Sementara itu, stabilitas keamanan atau kepastian hukum memiliki korelasi yang kuat dengan kepercayaan investor dalam berinvestasi.

Selain itu, Presiden Jokowi mengatakan tujuan lain dalam pertemuan Batu Tulis adalah persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024. "Kami nggak mungkin tutupi itu," kata Jokowi. Meski demikian, Presiden tak menjelaskan detail persoalan yang dibahas.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan pertemuan tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh Presiden Jokowi dan Megawati untuk membicarakan siapa penerus Jokowi untuk Pemilu 2024.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...