Usai Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Copot Kapolda Jawa Timur Nico Afinta

Ameidyo Daud Nasution
10 Oktober 2022, 22:53
kapolda, kapolri, tragedi kanjuruhan, jawa timur, nico afinta
ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah), Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta (kiri) dan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar (kanan) menyanyikan "Ya Lal Wathon" saat menghadiri Peluncuran Hitung Mundur Satu Abad NU dan Halal Bihalal di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022).

Perombakan terjadi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mencopot Inspektur Jenderal Pol Nico Afinta sebagai Kapolda Jawa Timur. 

Hal tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2134/X/Kep/2022 tanggal 10 Oktober 2022. Pengganti Nico adalah Irjen Pol. Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya merupakan Kapolda Sumatera Barat. Nico akan ditarik ke pusat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri.

Nama lain yang bergeser adalah Irjen Pol. Rusdi Hartono yang menjadi Kapolda Sumbar. Pergantian juga terjadi di lingkungan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) di mana Direktur Tindak Pidana Siber Brigjen Pol. Asep Edi Suheri diangkat menjadi Wakil Kabareskrim.

Adapun posisi Asep digantikan oleh Kombes Pol. Adi Vivid Agustiadi Bachtiar. Adi sebelumnya adalah perwira menengah yang ditugaskan menjadi Ajudan Presiden RI.

Nama Nico Afinta menjadi sorotan dalam beberapa waktu belakangan. Hal ini seiring sosoknya yang berada dalam pusaran tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 131 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...