Panggil Para Menteri, Jokowi Siapkan Skenario Terburuk Hadapi Krisis

Andi M. Arief
12 Oktober 2022, 20:17
jokowi, krisis, ekonomi
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik Wavin di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10). Foto: Rizky Alika

Indonesia tengah bersiap menghadapi dampak dari krisis global. Presiden Joko Widodo akan mengundang beberapa menteri ke Istana Negara untuk mempersiapkan skenario terburuk menghadapi perlambatan ekonomi global. 

Presiden menyampaikan akan memanggil beberapa menteri dalam waktu dekat untuk melakukan pengujian ketahanan atau stress test beberapa sektor ekonomi. Beberapa indikator yang akan diuji adalah nilai tukar, inflasi, pertumbuhan ekonomi, pangan, dan energi.

"Semuanya harus kita hitung. Dengan demikian, saat situasi memburuk, dampak di domestik ini betul-betul harus disiapkan betul penanggulangannya," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna pada Selasa (11/10) dan diunggah ke Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (12/10).

Selain itu, Jokowi meminta kepada menteri koordinator untuk memperkuat koordinasi dengan kementerian di bawahnya. Secara khusus, ia meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memastikan realisasi investasi baru di lapangan.

Selain itu, persoalan apapun yang terjadi di lapangan terkait investasi baru harus diselesaikan. "Uang yang masuk kita hargai betul karena sekarang sulit yang namanya mencari investasi," ujarnya. 

Di sisi lain, Jokwoi juga mengingatkan agar para pembantunya tetap berhati-hati dalam mempercepat anggaran negara. Kepala Negara menyoroti lambatnya serapan oleh Kementerian Sosial, khususnya dalam program bantuan sosial atau Bansos.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...