Jokowi Ingatkan Bahaya Krisis Global ke RI: Badai Itu Sudah Datang

Andi M. Arief
12 Oktober 2022, 20:07
jokowi, krisis, pertumbuhan ekonomi
Dok. Kementerian BUMN
Presiden Joko Widodo menghadiri BUMN Start Up Day Tahun 2022 di Tangerang, Senin (26/09/2022).

Presiden Joko Widodo mengingatkan situasi global yang sangat sulit saat ini. Oleh sebab itu, Jokowi mengingatkan para menteri untuk berhati-hati dalam membuat kebijakan.

Jokowi mengatakan prinsip kehati-hatian menjadi penting lantaran dampak dari situasi ekonomi global sudah mulai benar-benar memburuk. Hal tersebut ditunjukkan dari 28 negara yang telah meminta bantuan kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sampai hari ini.

"Artinya, badai itu sudah datang, sehingga persiapan kita ini harus betul-betul persiapan detail," ujar Kepala Negara dalam Sidang Kabinet Paripurna yang disiarkan pada Rabu (12/10).

Oleh sebab itu ia menginstruksikan para menteri agar tidak lagi bekerja dengan bermodalkan rutinitas. Jokowi mengatakan, program kementerian dan lembaga harus diarahkan untuk menghidupkan sektor riil.

"Fokus pada tugas kita masing-masing, kemudian implementasi dari program yang ada," ujarnya.

Secara khusus, Presiden memerintahkan para menteri memperbaiki program yang tidak tepat dijalankan dalam periode sulit. Salah satunya adalah konversi kompor induksi yang ramai dibicarakan belum lama ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...