Setuju Jokowi Reshuffle Kabinet, PDIP Tuntut Menteri Loyal

Andi M. Arief
13 Oktober 2022, 18:22
jokowi, reshuffle, pdip
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) bersiap memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung Presiden Joko Widodo jika ingin merombak anggota Kabinet Indonesia Maju. PDIP menekankan menteri dalam kabinet harus solid dan tunduk kepada Kepala Negara.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan meski reshuffle merupakan hak prerogatif presiden, namun sinyal yang disampaikan Jokowi hari ini bukan tanpa konteks.

"Pak Jokowi akan menggunakan kewenangan penuh untuk melakukan evaluasi pada menteri yang tidak menjalankan perintah, apalagi kalau ada menteri yang menyiapkan antitesa pada presiden," kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDI-P, Kamis (13/10).

Hasto mengatakan menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju harus tunduk pada platform dan skala prioritas presiden. Menurutnya, para menteri seharusnya mengedepankan prinsip hati-hati dan tidak boleh menjadi antitesa presiden.

Oleh karena itu, Hasto menilai menteri-menteri saat ini harus fokus membuat warisan yang baik selama masa kepemimpinannya bagi masyarakat. Hasto menekankan hal tersebut penting untuk mendukung Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

"Presiden perlu menteri yang menyelesaikan masalah rakyat, sehingga Pemilu 2024 dalam sense of happines yang tinggi karena prestasi dari menteri yang fokus mengatasi masalah ekonomi," kata Hasto. Meski demikian, ia tidak menjelaskan soal sosok menteri yang menjadi antitesa presiden. 

Jokowi dalam pernyataannya hari ini kembali membuka peluang melakukan reshuffle kabinet. Pernyataan  ini dilontarkan menjawab pertanyaan awak media mengenai nasib Partai Nasdem di Kabinet Indonesia Maju.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...