PDIP Abaikan Faktor Elektoral Usung Capres, Sentil Ganjar Pranowo?

Andi M. Arief
13 Oktober 2022, 19:30
PDIP, ganjar, capres
Katadata/ Wahyu Dwi Jayanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan akan mengumumkan calon presiden pilihan partai saat suasana rakyat membaik. PDIP menilai suasana di masyarakat saat ini sedang tidak baik karena Tragedi Kanjuruhan dan tingginya inflasi.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan elektabilitas tidak menjadi faktor utama dalam penentuan calon presiden periode 2024-2029. Hasto mencontohkan saat pemilihan Joko Widodo sebagai calon presiden periode 2014-2019 dan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Pernyataan ini dilontarkan Hasto di tengah hasil survei yang terus bermunculan. Dalam hasil penjaringan opini beberapa lembaga, nama Ganjar masih mengalahkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai calon presiden paling populer.

"Elektoral bukan pertimbangan yang utama, tapi kepentingan bangsa dan negara. Ibu Megawati telah membuktikan begitu banyak pemimpin lahir dari PDI Perjuangan," kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Kamis (13/10).

Hasto mengatakan,  pemilihan calon presiden  adalah kewenangan dari Megawati. Namun, PDIP tetap mempersiapkan mesin partai untuk mensukseskan Pilpres 2024.

"Ketika saya bertanya terkait calon presiden, Ibu Mega menjawab sabar. Nanti kita tunggu tanggal mainnya," ujar Hasto.

Terkait koalisi Pilpres 2024, PDIP membuka ruang gotong-royong dengan seluruh kekuatan elemen nasional. Partai berlambang banteng itu akan menggandeng partai yang punya rekam jejak dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...