PDIP Dinilai Lebih Rasional Usung Ganjar Jadi Capres

Ade Rosman
11 Oktober 2022, 17:04
Ganjar Capres PDIP, Puan Ketua Umum
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan naskah rekomendasi eksternal kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (23/6/2022).

Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA Adjie Aflaraby menyatakan PDIP akan lebih rasional bila memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibanding Puan Maharani sebagai calon presiden yang akan diusung dalam pemilu 2024 mendatang. Alasannya, elektabilitas Ganjar kini menempati posisi tertinggi, dibandingkan dengan kandidat utama lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Jika PDIP mengajukan puan sebagai capres, dengan posisi elektabilitas saat ini, maka Puan berpotensi kalah, dan suara PDIP pun bisa merosot," kata Adjie kepada katadata.co.id, Selasa (11/10).

PDIP juga dinilai tak akan diuntungkan bila menempatkan Puan sebagai cawapres. Sebagai contoh, bila Puan menjadi cawapres mendampingi Prabowo maka efek ‘coat tail’ pilpres tidak akan didapat. Efek ‘coat tail’ adalah istilah politik untuk mendapatkan keuntungan dari figur atau sosok yang didukung. 

Adjie memahami pemilihan untuk mencalonkan Ganjar sebagai capres bukan perkara mudah bagi PDIP. Menurut dia, ada kekhawatiran di internal partai bahwa dukungan terhadap Ganjar akan memadamkan peran Puan. Bahkan, Adjie menyebut ada kekhawatiran di internal partai bila menang Ganjar akan mengambil alih partai. 

Menurut Adjie, kekhawatiran pengambilalihan partai tidak akan terjadi bisa PDIP menyiapkan Puan Maharani sebagai Ketua Umum Partai. Dengan begitu kendali partai banteng moncong putih tetap berada di trah keluarga Soekarno. 

"Jika Ganjar sebagai capres, maka PDIP berpeluang menang capres dan pileg sekaligus. Mencetak hattrick tiga kali menang pemilu. Menjdi penguasa di parlemen dan menjadi ketua DPRD. Kursi ketum PDIP pun bisa dipercayakan kepada Puan Maharani," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...