Godok Nama Ganjar dan Capres Lain, PAN Yakin Tak Ganggu Kemesraan KIB

Ade Rosman
13 Oktober 2022, 22:41
pan, ganjar, KIB
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Sekjen PAN Eddy Soeparno (tengah) bersama Waketum PAN Yandri Susanto (kanan) dan Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas PAN Bima Arya Sugiarto (kiri) memberikan keterangan pers peluncuran Gerakan PAN Memilih di kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Partai Amanat Nasional (PAN) mulai meramaikan bursa calon presiden dengan memunculkan sejumlah nama potensial seperti Ganjar Pranowo. Meski demikian, partai berlambang matahari itu mengatakan munculnya nama-nama tersebut tak mengganggu kemesraan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan KIB dibentuk karena partai-partai yang bernaung membuka diri terhadap nama calon presiden yang muncul. KIB terdiri dari PAN, Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Kami juga sudah tahu posisi Golkar sudah mengusung Airlangga (Hartarto) sebagai capres di Munas. Kita sadar bahwa kita kalau mau bersama-sama harus berpikiran terbuka, makanya dibentuk KIB," katanya, di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (13/10).

Eddy mengatakan, meskipun tiap pihak di KIB sudah memiliki posisi, namun tetap terbuka untuk pembahasan lebih dalam. Nantinya nama-nama yang beredar akan mengerucut pada nama yang akan diusung koalisi tersebut.

PAN sendiri merasa patut untuk memajukan Ketua Umumnya yakni Zulkifli Hasan. Meski demikian, mereka juga ingin realistis dalam menghadapi Pemilihan Presiden 2024.

"Pilpres mau apa? Ya mau menang, bagaimana formulasi menangnya, ya inilah yang akan kita bahas sama-sama," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...