Profil Pj Gubernur Jakarta Heru Budi, Kekayaannya Hampir Rp 32 Miliar

Ameidyo Daud Nasution
17 Oktober 2022, 14:24
heru budi, jakarta, harta
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memasuki mobil dinas usai dilantik di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (17/10/2022).

Heru Budi Hartono sudah resmi menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Heru akan menjalankan tugasnya hingga tahun 2024, saat DKI memiliki gubernur definitif usai Pemilihan Kepala Daerah.

Meski demikian, Heru bukan orang baru di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia merupakan Pegawai Negeri Sipil DKI yang mengawali karier sebagai Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara pada 1993.

Kariernya banyak berkutat di wilayah Jakarta Utara hingga menjadi Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Perkottan Kota Jakarta Utara pada 2008. Tahun 2013, ia menduduki kursi Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi DKI Jakarta.

Saat Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur, Heru ditunjuk sebagai Wali Kota Jakarta Utara pada 2014. Hanya setahun, ia digeser menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah DKI.

Ia juga sempat diisukan menemani Basuki Tjahaja Purnama saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2016). Tahun 2017, Heru ditarik Jokowi ke Istana sebagai Kepala Sekretariat Presiden.

Heru juga tercatat memiliki harta Rp 31,9 miliar pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Desember 2021. Penyumbang terbesarnya adalah tanah dan bangunan senilai Rp 23,4 miliar yang terdiri dari 11 bidang tanah di Jakarta Timur, Selatan, hingga Bekasi.

Dia juga memiliki tujuh kendaraan dengan total nilai Rp 1,2 miliar. Salah satu tunggangannya adalah sepeda motor Harley Davidson tahun 2021 dengan harga Rp 703,3 juta.

Heru juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 617,4 juta, kas dan setara kas Rp 12,6 miliar,serta surat berharga senilai Rp 3,6 juta. Namun ia juga memiliki hutang sebesar Rp 6 miliar.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...