Menkes Ungkap 3 Zat Berbahaya di Obat Sirop Anak Gagal Ginjal Akut

Ameidyo Daud Nasution
20 Oktober 2022, 12:22
gagal ginjal akut, obat, etilen glikol
Dok. Kementerian Kesehatan
Menteri Kesehatan RI bersama Ibu Ida Rahmawati hadir pada acara Indonesia Goed Pink, Pink walk 2022 di VIP Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Minggu, (09/10/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada tiga zat kimia berbahaya ditemukan pada obat sirop anak yang belakangan mengalami gagal ginjal akut. Ketiganya adalah etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol butyl ether (EGBE).

Budi mengatakan, ketiga bahan tersebut seharusnya tidak ada dalam obat jenis sirop. Zat tersebut hanya bisa muncul jika polietilen glikol digunakan sebagai penambah kelarutan obat sirop.

Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan melarang sementara penggunaan obat sirop. Hal ini dilakukan sembari menunggu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memfinalisasi hasi penelitian mereka.

"Kemenkes mengambil posisi konservatif dengan sementara melarang penggunaan obat-obatan sirop," kata Budi, Kamis (20/10) dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, jumlah anak usia di bawah lima tahun yang teridentifikasi gagal ginjal akut mencapai 70 per bulan. Adapun, laju angka kematian telah mendekati 50%. "Realitasnya pasti lebih banyak dari ini," katanya.

Budi lalu meminta orang tua yang anaknya tetap memerlukan obat sirop berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Salah satu obat sirop anak yang tak bisa diganti adalah obat untuk epilepsi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...