Orang Tua Perlu Awasi 10 Gejala Awal Gagal Ginjal Akut, Ini Daftarnya

Andi M. Arief
27 Oktober 2022, 17:43
gagal ginjal akut, obat, obat sirop
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.
Dokter mengecek kondisi anak yang dirawat dengan dugaan gagal ginjal akut di RSUP Dr.M.Djamil, Padang, Sumatera Barat, Kamis (20/10/2022). .

Kementerian Kesehatan mendorong para orang tua untuk mewaspadai gejala gangguan ginjal akut progresif atau GGAPA pada anak. Hal tersebut penting untuk menurunkan potensi kematian.

Juru Bicara Kemenkes Mohamad Syahril mengatakan pasien biasanya menunjukkan gejala awal sebelum menunjukkan gejala gangguan ginjal akut. Dia mencatat setidaknya 10 gejala awal terkait gangguan ginjal akut.

Gejala yang dimaksud adalah demam, kurang nafsu makan, lemas, mual, muntah, gangguan pernapasan, diare, nyeri bagian perut, dehidrasi, dan perdarahan. 

"Jika ada gejala, cepat berkonsultasi ke tenaga kesehatan dan dokter untuk tidak masuk ke stadium 3 dan mencegah kematian," ujar Syahril dalam konferensi pers virtual, Kamis (27/10).

Dari data Kemenkes, mayoritas atau lebih dari 80% dari pasien gangguan ginjal menunjukkan gejala demam. Sementara itu, sekitar 50% pasien memiliki gejala awal kurang nafsu makan, lemas, mual, muntah, dan gangguan pernapasan.

Selain itu, sebanyak 143 atau 53% pasien yang datang ke rumah sakit tidak mengeluarkan urin sama sekali atau anuria. Dengan kata lain, pasien tersebut kerusakan ginjal pada pasien telah berat atau masuk pada stadium 3.

"Kita harus berhati-hati di gejala awal atau 1-5 hari pertama karena ini akut dan progresif," kata Syahril 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...