BPK Surati Menhan Prabowo Minta Perbaiki Laporan Anggaran Komcad

Andi M. Arief
1 November 2022, 16:51
prabowo, komcad, bpk
Katadata
Pelatihan komponen cadangan.

Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK telah menyurati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memperbaiki laporan keuangan Kementerian Pertahanan pada 2021. Adapun, perbaikan tersebut dilakukan pada pelaporan keuangan terkait Komponen Cadangan atau Komcad.

Anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana mengatakan Kemenhan sedang memperbaiki laporang keuangan tersebut. Sebagai informasi, salah satu dampak dari kekeliruan laporan keuangan tersebut adalah potensi sengketa oleh pihak ketiga terhadap aset yang dimiliki Komcad.

"Kami sudah kami surati langsung ke menterinya dan sudah ditindaklanjuti. Temuan itu bisa diperbaiki, ini ada waktunya," kata Nyoman di Kompleks Istana Merdeka, Selasa (1/11).

Nyoman menyampaikan kekeliruan pada laporan keuangan Kemenhan disebabkan oleh pelaksanaan kegiatan. Namun ia menilai kesalahan tersebut bersifat administratif dan sedang ditindaklanjuti.

Perbaikan yang dilakukan oleh Kemenhan akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Keuangan. Menteri Keuangan Sri Mulyani nantinya akan menyampaikan surat dari presiden untuk menindaklanjuti perbaikan yang telah disampaikan kepada Kemenhan.

Seperti diketahui, Anggota Komcad berasal dari warga sipil yang mengikuti serangkaian latihan militer. Pembentukan satuan diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...