Jokowi Restui Menteri Nyapres, Pertimbangkan Beri Cuti Panjang

Ameidyo Daud Nasution
2 November 2022, 14:47
jokowi, menteri, capres
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Perdana Menteri Palestina Mohammad IM Shtayyeh menyapa wartawan seusai menyampaikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Palestina Mohammad IM Shtayyeh.Ê

Presiden Joko Widodo memberikan restu menteri untuk maju di Pemilihan Presiden 2024. Namun Kepala Negara menekankan tugas di kabinet harus diutamakan.

Sebagai informasi, Mahkamah Konstitusi menyatakan seorang menteri dapat maju dalam Pilpres  2024 tanpa mengundurkan diri dari jabatannya. Akan tetapi, menteri bersangkutan harus mendapatkan izin dari presiden.

Beberapa nama menteri yang digadang-gadang maju antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Kalau kami lihat nanti mengganggu tugas sebagai menteri, ya akan dievaluasi. Apakah memang harus cuti panjang banget atau tidak,"kata Presiden Jokowi di Jakarta International Expo, Rabu (2/11).

Salah satu yang dikabarkan akan maju adalah Menhan Prabowo Subianto.. Prabowo juga telah bertemu Jokowi pada Jumat (28/10).

Kepala Negara menyampaikan telah bertukar pikiran dengan Prabowo terkait masa depan negara. Menurutnya, diskusi dengan Menteri Pertahanan merupakan hal yang biasa.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...