Menpora Khawatirkan Piala Dunia U-20 Jika KLB PSSI Digelar Awal 2023

Andi M. Arief
8 November 2022, 16:45
pssi, menpora, piala dunia
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/hp.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan sambutan pada pembukaan Turnamen Catur beregu di Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (15/9/2022).

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan ada risiko yang harus ditanggung dunia sepak bola nasional jika seluruh rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF dilakukan. Ia mengatakan risiko terbesar datang dari nasib Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Seperti diketahui, PSSI telah menyurati FIFA untuk meminta rekomendasi transformasi. Jika sesuai jadwal, kongres luar biasa atau KLB penunjukkan badan PSSI baru akan dilakukan pada 18 Maret 2023.

"Risikonya, Piala Dunia FIFA U-20 ini berlangsung Mei 2023. FIFA belum kirimkan tanggapan karena mereka pasti berpikir tentang FIFA World Cup U-20," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam rapat kerja dengan Komisi X, Selasa (8/11).

Zainudin mengatakan kepengurusan PSSI yang baru harus beradaptasi dengan keadaan PSSI. Sementara itu, Piala Dunia FIFA U-20 harus berjalan 2 bulan setelah terpilih.

Namun demikian, Zainudin menekankan pemerintah tidak akan melakukan intervensi terhadap hal yang berjalan pada PSSI. Menurutnya, intervensi akan mengulang kejadian pelarangan atau ban oleh FIFA pada 2015.

Sebagai informasi, FIFA pernah membekukan PSSI pada 2015. Akibatnya, seluruh kompetisi profesional di dalam negeri terhenti selama 2 tahun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...