Jokowi Janji Tak Akan Intervensi Kongres Luar Biasa PSSI

Andi M. Arief
1 November 2022, 14:02
pssi, jokowi, kongres
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) menerima jersey bertuliskan nama Jokowi dari Presiden Induk Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino memberikan usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Presiden Joko Widodo berjanji tidak akan mengintervensi proses Kongres Luar Biasa atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Sebagai informasi, PSSI berencana menggelar KLB pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Anggota Komite Eksekutif pada 18 Maret 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan pemerintah akan menyerahkan proses dan keputusan sepenuhnya kepada PSSI. Menurutnya, pemerintah akan menjaga kemandirian federasi agar dapat melaksanakan proses internal dengna baik.

"Kan ada statuta FIFA dan PSSI ada statutanya, dan itu kami tidak ikut campur sama sekali," kata Zainudin di Kompleks Istana Merdeka, Selasa (1/11).

Zainudin telah melaporkan kondisi KLB PSSI kepada Jokowi. Menurutnya, Kepala Negara hanya mengingatkan bahwa pemerintah akan mengikuti dan tidak akan mengintervensi proses maupun hasil kongres.

Berdasarkan laman resmi PSSI, Emergency Meeting Executive Committee (Exco) PSSI memutuskan mempercepat proses pemilihan dengan mekanisme KLB. Oleh karena itu, PSSI telah menyurati FIFA pada 31 Oktober 2022 terkait percepatan pemilihan ketua PSSI melalui mekanisme KLB.

Dengan demikian kongres biasa PSSI dapat dilakukan pada 7 Januari 2023. Kongres tersebut akan menetapkan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

Di sisi lain, Zainudin mengatakan FIFA sedang menggelar rapat dengan pihak pemerintahan dalam penyelesaian Tragedi Kanjuruhan. Perwakilan pemerintah yang hadir dalam rapat tersebut adalah Kemenpora, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kepolisian.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...