Xi Jinping Tiba di Bali Hadiri Acara G20, Akan Bertemu Biden Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
14 November 2022, 14:30
Xi Jinping, g20, joe biden
Antara
Xi Jinping dan Joe Biden

Presiden Cina Xi Jinping tiba di Bali siang ini untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Sebelum hadir dalam acara puncak KTT, Xi akan bertemu Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari ini.

Dikutip dari Antara, pesawat kepresidenan yang ditumpangi Xi telah mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada pukul 13.40 WITA. Usai Xi tiba, pesawat VIP Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga mendarat.

Sebelumnya, pesawat kepresidenan Turki yang membawa Presiden Recep Tayyip Erdogan dan rombongan telah mendarat pada pukul 12.00 WITA.

Beberapa kepala negara yang telah tiba sejak Minggu (13/11) malam antara lain Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Adapun, sejumlah kepala negara dan pemerintahan dijadwalkan tiba di Bali hingga Senin malam.

Adapun sebanyak 17 pemimpin G20 memastikan kehadirannya dalam KTT tahun ini. Mereka akan menghadiri pertemuan puncak KTT G20 ke-17 di Apurva, Kempinski Hotel, Nusa Dua.

Sedangkan tiga pemimpin yang tidak hadir adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan Presiden Brasil Jair Bolsanor. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Lula tak hadir karena tengah memasuki masa pemilihan presiden, sedangkan Presiden Meksiko memang sangat jarang keluar dari negaranya.

"Meski tidak datang langsung, Putin kemungkinan akan hadir virtual," kata Luhut dalam Konferensi Pers, Sabtu (12/11).

Luhut menjelaskan, pertemuan G20 juga akan melibatkan lebih dari 3.443 delegasi. Total akan terdapat 12.725 orang yang akan terlibat dalam perhelatan akbar ini, termasuk tim pendukung delegasi, lembaga internasional, aktivitas LSM, utusan lembaga internasional, jurnalis, hingga peneliti.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...