Hadiri KTT G20 Jokowi Tiba di Bali Malam Ini, Xi Jinping Besok

Abdul Azis Said
13 November 2022, 10:40
Jokowi KTT G20
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - Jepang dalam rangkaian KTT ASEAN 2022 di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11/2022).

Presiden Joko widodo (Jokowi) dikabarkan akan mendarat di Bali malam ini setelah sesi menerima estafet kepemimpinan ASEAN dari Kamboja Minggu sore (13/11). Beberapa kepala negara lain yang akan hadir di KTT G20 dijadwalkan datang besok.

"Setahu saya beliau setelah menerima handover (kepemimpinan ASEAN) tanggal 13 sore, baru beliau ke Bali, paling cepat nanti malam," kata Deputi Jalur Keuangan G20 yang juga Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk ASEAN Wempi Saputra saat ditemui di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11).

Menurut Wempi, Jokowi kemungkinan akan memulai rangkaian kegiatan KTT G20 pada besok 14 November. Adapun berbagai rangkaian acara KTT G20 Bali sudah dimulai beberapa hari terakhir.

Jokowi didampingi ibu negara terbang ke Kamboja sejak 9 November. Ia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-40 dan 41 ASEAN. Presiden menghadiri banyak pertemuan di Kamboja, salah satunya menerima keketuan ASEAN untuk tahun depan yang mengusung tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth".

Wempi mengatakan beberapa kepala negara juga akan berdatangan mulai besok di Bali. Para pemimpin dari 20 negara terbesar dunia itu akan berkumpul di Bali dalam acara puncak KTT G20.

"Untuk Xi Jinping, saya tanya delegasi Cina, kelihatannya tiba besok," ujar Wempi. 

Meski demikian, beberapa delegasi negara seperti menteri keuangan sudah hadir. Beberapa menteri keuangan yang sudah hadir dari Amerika Serikat, Australia, Afrika Selatan, Arab Saudi dan Rusia. Beberapa lainnya dijadwalkan datang bersama pemimpin negaranya besok, seperti India dan Italia.

Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...