Jepang Puji KTT G20 RI: Deklarasinya Kuat dan Jamuan Makan Spektakuler

Ameidyo Daud Nasution
17 November 2022, 09:01
jepang, g20, ktt g20
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/wsj.
Seniman tampil saat kegiatan Welcoming Dinner and Cultural Performance KTT G20 2022 di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Pujian untuk Indonesia yang sukses menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 terus berdatangan. Salah satunya Jepang yang memuji apa yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut.

Delegasi Jepang juga menyampaikan kekagumannya atas seluruh rangkaian acara. Salah satu contohnya: jamuan makan malam yang spektakuler.

"Kami mengapresiasi kepemimpinan tegas yang dilakukan Presiden Joko Widodo dalam menyusun seluruh rangkaian dan membuat KTT berhasil," kata Sekretaris Pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Ono Hikariko pada Rabu (16/11) malam dikutip dari Antara.

Ono mengatakan Deklarasi Pemimpin G20 Bali mengandung pesan kuat dan penting mengenai kondisi dunia saat ini. Jepang juga menghargai upaya RI dalam jalur sherpa dan keuangan G20.

"Dokumen itu dapat menjadi langkah besar ke depan," kata Ono.

Ono juga mengatakan bahwa Perdana Menteri Fumio Kishida optimistis atas hubungan Jepang dan RI. Salah satu kerja sama yang dilakukan adalah dukungan Negeri Sakura atas Kemitraan Transisi Energi (JETP).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...