KTT G20 di Indonesia Dinilai Memberi Hasil Nyata

Ade Rosman
16 November 2022, 21:52
ktt g20, jokowi
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) saat Working Session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 selama 15 – 16 November di Bali dinilai memberikan hasil nyata bagi Indonesia. Hasil yang dimaksud seperti komitmen yang dikejar oleh pemerintah dari negara lain, kini terealisasi.

“Yang sebelumnya tidak pernah terwujud, itu komitmen dalam bentuk nyata, ketersediaan dana, bantuan, dan lainnya,” kata Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah Redjalam dalam program Katadata Special Report G20 yang disiarkan di kanal YouTube Katadata Indonesia, Rabu (16/11).

Komitmen-komitmen tersebut akan memunculkan upaya konkret, baik itu pandemic fund, transformasi energi dan digital, serta pembangunan infrastruktur.

“Kita bisa membayangkan, setelah ini seharusnya ada upaya-upaya lebih konkret untuk mewujudkan apa yang sudah menjadi komitmen tersebut," katanya.

Pandemic fund adalah lembaga atas komitmen nyata para pemimpin G20 untuk mengantisipasi masalah kesehatan ke depan. Dana berasal dari negara anggota G20 dan filantropi.

Indonesia berkomitmen US$ 50 juta untuk pandemic fund. Total dana terkumpul US$ 1,4 miliar dari 20 kontributor, yakni anggota G20, negara non-G20, dan tiga lembaga filantropi dunia.

Piter menilai Pandemic Fund dibutuhkan, bila becermin pada pandemi Covid-19 sejak awal 2020. “Sejak awal ini gagasan Indonesia karena merespons pandemi," katanya.

Selama ini, belum ada lembaga yang membantu suatu negara bila terjadi permasalahan kesehatan. IMF dan Bank Dunia misalnya, membantu negara jika mengalami masalah keuangan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...