Deklarasi Pemimpin G20: Setop Ancaman Penggunaan Senjata Nuklir

Ameidyo Daud Nasution
17 November 2022, 14:42
nuklir, g20, ktt g20
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) menyampaikan pandangannya dalam Working Session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah rampung pada Rabu (16/11). Para pemimpin G20 juga telah sepakat membuat deklarasi yang berisi 52 poin.

Salah satunya menolak penggunaan senjata nuklir dalam setiap konflik. Para pemimpin juga mengatakan perang adalah hal yang tidak lagi sesuai dengan zaman.

"Penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima," bunyi poin nomor 4 deklarasi tersebut seperti ditulis pada Kamis (17/11).

Para pemimpin G20 menyatakan sangat penting menegakkan hukum internasional untuk menjaga perdamaian. Aturan telah diatur dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan beberapa peraturan lainnya.

"Termasuk perlindungan warga sipil dan infrastruktur dalam konflik bersenjata," demikian bunyi poin tersebut.

Potensi bahaya senjata nuklir muncul saat perang antara Ukraina dan Rusia. Di awal perang, Presiden Rusia Vladimir Putin menempatkan pangkalan nuklir Rusia dalam siaga tinggi dalam menghadapi rentetan sanksi Barat atas perangnya di Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...