Jokowi Kunjungi Korban Gempa Cianjur Lewat Perjalanan Darat

Andi M. Arief
22 November 2022, 13:02
gempa, jokowi, gempa cianjur
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersiap memberi keterangan pers di VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (17/11/2022).

Presiden Joko Widodo mulai melakukan perjalanan ke Kabupaten Cianjur via jalur darat ke Cianjur pukul 11.25 WIB. Kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan korban gempa Cianjur mendapatkan penanganan yang memadai.

Kepala Negara berencana untuk meninjau beberapa lokasi di Kabupaten Cianjur, seperti rumah sakit, daerah terdampak bencana dan posko pengungsian. Sekretariat Presiden menyatakan Jokowi menggunakan kendaraan roda empat menuju lokasi bencana walaupun dapat menggunakan helikopter.

“Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” kata Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan resmi, Selasa (22/11).

Berdasarkan siaran langsung dari Kompas TV, Presiden Widodo tampak sudah tiba di Pendopo Bupati Cianjur sekitar pukul 12.30 WIB. Bey mengatakan Jokowi ingin memastikan korban gempa tidak mendapatkan hambatan dalam menerima bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya.

Pemerintah Kabupaten Cianjur telah menetapkan gempa bumi berskala 5,6 richter kemarin, Senin (21/11), berstatus tanggap darurat bencana. Artinya, pemerintah akan fokus dalamm kegiatan penyelamatan dan penanganan dari dampak Gempa Cianjur dalam jangka waktu tertentu.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...