Sorta Tobing
22 November 2022, 12:00

Video: Mengapa Gempa Cianjur Sebabkan Banyak Korban dan Kerusakan?

Gempa bumi bermagnitudo 5,6 terjadi di wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kemarin siang, Senin (21/11). Kedalaman gempa sekitar 10 kilometer dan tidak menyebabkan tsunami karena pusat lindu berada di darat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil semalam menyebut jumlah korban meninggal mencapai 162 orang. Dari angka ini, mayoritas adalah anak-anak. “Kita sangat prihatin,” ucapnya. Banyak anak menjadi korban karena saat kejadian masih dalam waktu belajar di madrasah atau pesantren. 

Gempa Cianjur juga menyebabkan 326 warga terluka dan 13.784 orang mengungsi. Kerusakan bangunan terjadi, begitu pula dengan tanah longsor. Rumah yang rusak dalam skala 60% sampai 100% mencapai 2.345 unit. Ada 2 sampai 3 lokasi jalan yang terisolasi. 

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut alasan gempa tersebut sangat merusak dan menimbulkan banyak korban jiwa. Berikut ini penjelasannya, melansir dari Antara.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.