Jokowi Janji Perbaiki Ribuan Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur

Andi M. Arief
22 November 2022, 15:27
gempa, jokowi, gempa cianjur
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) saat meninjau lokasi bencana gempa di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Presiden Joko Widodo akan memberikan bantuan untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat gempa di Cianjur. Total bantuan yang diberikan ditaksir mencapai Rp 34,52 miliar.

Secara rinci, Kepala Negara akan memberikan bantuan berdasarkan tingkat kerusakan pada rumah warga, yakni Rp 50 juta untuk rusak berat, Rp 25 juta untuk rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rusak ringan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mendata ada 3.167 rumah yang rusak akibat gempa di Cianjur.

"Yang paling penting, rumah-rumah yang terkena diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Presiden Jokowi di Cianjur, Selasa (22/11).

Kepala Negara mendapatkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG bawah gempa di Kota Santri merupakan gempa yang terjadi setiap 20 tahun sekali. Oleh karena itu, Jokowi menilai pembangunan rumah anti gempa menjadi penting bagi rumah yang terdampak.

Secara rinci, BNPB mencatat sebanyak 3.075 rumah rusak ringan, 33 rumah rusak sedang, dan 59 rumah rusak berat. Anggaran yang akan dikucurkan adalah Rp 30,75 miliar untuk rumah rusak ringan, Rp 825 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp 2,95 miliar untuk rumah rusak berat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...