Apakah Erupsi Gunung Semeru Bakal Memicu Potensi Tsunami?

Ameidyo Daud Nasution
5 Desember 2022, 14:21
Aktivitas Gunung Semeru pascaerupsi disertai luncuran APG pada Minggu (4/12/2022).
ANTARA/HO-BPBD Lumajang
Aktivitas Gunung Semeru pascaerupsi disertai luncuran APG pada Minggu (4/12/2022).

Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru sempat memunculkan isu bahaya bencana alam lainnya. Badan Meteorologi Jepang memantau kemungkinan adanya tsunami setelah gunung berapi tertinggi di Jawa itu meletus pada Minggu (5/12).

Meski demikian, badan tersebut di hari yang sama mengatakan tidak ada dampak tsunami dari meletusnya Gunung Semeru. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan kabar meletusnya Gunung Semeru memicu tsunami tidak benar alias hoaks.

"Dampak erupsi saat ini adalah abu vulkanik yang berdampak pada bagian barat daya, barat, dan selatan Gunung Semeru," bunyi pernyataan PVMBG pada Minggu (4/12) dikutip dari Antara.

Awan panas guguran Gunung Semeru bisa menjangkau 13 kilometer ke arah tenggara. Meski demikian, awan tersebut tidak sampai ke laut.

Sedangkan Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang Joko Sambang meminta masyarakat tak terpancing informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Kami imbau masyarakat mengikuti arahan instansi berwenang yakni Badan Geologi yang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," kata Joko.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...