Jepang dan Korsel Tersingkir, Wakil Asia di Piala Dunia 2022 Habis

Ameidyo Daud Nasution
6 Desember 2022, 06:46
Pemain Jepang usai gagal memenangi adu penalti melawan Kroasia pada Senin (6/12). Foto: Instagram FIFA World Cup.
Instagram FIFA World Cup
Pemain Jepang usai gagal memenangi adu penalti melawan Kroasia pada Senin (6/12). Foto: Instagram FIFA World Cup.

Asia gagal mengirimkan wakil ke perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Hal ini setelah Jepang dan Korea Selatan ditundukkan lawannya pada pertandingan perdelapan final hari Senin (5/12).

Jepang ditundukkan Kroasia lewat adu penalti dengan skor 1-3. Sedangkan Korsel dilibas Brasil dengan skor 1-4.

Jepang lebih dulu bermain melawan runner up Piala Dunia 2018 Kroasia di Stadion Al Janoub. Tim Samurai Biru bahkan unggul lebih awal lewat gol Daizen Maeda pada menit 43.

Namun, Kroasia berhasil membalas lewat sundulan Ivan Perišić pada menit 55. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit.

Pada perpanjangan waktu 2x15 menit, kedua tim juga gagal menambah pundi-pundi golnya. Pertandingan lalu harus dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Penjaga gawang Kroasia Dominik Livaković menjadi bintang saat tos-tosan. Ia menahan tiga eksekutor Jepang yakni Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. Satu-satunya pemain Jepang yang berhasil memasukkan bola adalah Takuma Asano.

Sebaliknya, Nikola Vlašić, Marcelo Brozovic, dan Mario Pašalić berhasil memasukkan bola ke gawang Shuichi Gonda. Satu-satunya pemain Kroasia yang gagal adalah Marko Livaja. Jepang akhirnya harus angka koper dengan skor 1-3.

Di pertandingan berikutnya, Brasil melenggang ke perempat final setelah menggulung Korea Selatan. Tim Samba langsung unggul 1-0 lewat gol Vinicius Junior pada menit 7.

Neymar, yang baru sembuh dari cedera enkel, menambah keunggulan Brasil menjadi 2-0 lewat tendangan penalti di menit 13. Skor berubah menjadi 3-0 lewat gol Richarlison lewat kerja sama apik dengan Paqueta pada menit 29. Nama terakhir berhasil menjadikan skor 4-0 pada menit 36.

Di babak kedua, tak ada lagi gol dari Brasil. Sedangkan Korsel mendapatkan gol hiburan lewat tendangan dari luar kota penalti oleh Paik Seung-ho.

Dengan hasil ini, maka Brasil akan berhadapan dengan Kroasia pada Jumat (9/12). Pertandingan akan digelar di Education City Stadium, Al Rayyan pada pukul 18.00 waktu setempat atau 22.00 WIB.

Adapun pertandingan terakhir perdelapan final hari ini akan mempertemukan Maroko dengan Spanyol dan Portugal melawan Swiss. Pemenang dua pertandingan ini akan bertemu pada perempat final hari Sabtu (10/12).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait